Ini Pesan Buat Pemula Yang Ingin Belajar Affiliate Marketing

Salah satu pakar di dunia affiliate marketing adalah Denny Santoso. Brand digital marketing yang digawanginya yaitu, Tribelio dimana Denny Santoso juga meluncurkan program affiliate marketing di Tribelio dengan tujuan agar lebih banyak orang yang dapat memahami dan menjalankan affiliate marketing. Setelah peluncuran program afiliasi itu, ternyata dia mendapatkan respon yang luar biasa, karena ternyata banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan porgram affiliate tersebut. Estimasi ada lebih dari seribu orang yang tertarik dengan program affiliate dari Tribelio, padahal program itu waktu itu baru berjalan sekitar 6 bulan

Respon yang luar biasa ini sepertinya tidak terlalu mengherankan mengingat saat ini affiliate marketing bisa dibilang sebagai salah satu bidang yang sedang ngetrend di Indonesia. Hampir setiap bisnis saat ini meluncurkan program affiliate untuk memperluas pemasarannya. Mulai dari Shopee affiliate, Tik Tok Affiliate, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain faktor di atas, affiliate marketing juga dikenal sebagai bisnis online yang ramah bagi para pemula, karena ketika mendengar tentang affiliate marketing, maka yang terbayang adalah kegiatan yang mudah dilakukan. Yaitu membagi-bagikan link afiliasi. Affiliate marketing begitu populer sebagai salah satu bisnis yang tidak memerlukan banyak modal untuk memulai. Tidak hanya itu, affiliate marketing juga tidak memerlukan stok produk. Jadi Penjual tidak perlu keluar uang untuk membeli produk, stok produk dan bahkan tidak perlu repot-repot mengurus masalah pengiriman produk. Jadi, terlihat bisnis yang mudah, kan ?

Nyatanya, bisnis tetaplah bisnis. Selalu ada formula untuk bisnis yang berhasil ataupun tidak. Hanya karena proses bisnisnya mudah, bukan berarti semua orang bisa menjalankannya. Tidak semua orang akan berhasil di sini. Faktor apa saja yang biasanya jadi kendala ?, Kalau memang benar affiliate itu mudah bukankah semua orang seharusnya pasti berhasil ?. Apa yang salah ?.

Dalam channel youtubenya, Denny Santoso mengatakan bahwa salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang affiliate marketer adalah kemampuannya menceritakan suatu produk. Karena produk itulah yang nanti harus dibagikan linknya ke orang-orang yang berprospek untuk membelinya (Bisa jadi, faktor ini mungkin terdengar klise, karena setiap penjualan produk memang membutuhkan kemampuan ini).

Ada hal lainnya yang ditegaskan oleh Denny Santoso dalam videonya mengenai tips affiliate marketing. Tips ini hampir selalu beliau ulang-ulang dalam setiap kesempatan,. Denny Santoso sering mengingatkan bahwa tugas utama dari seorang affiliate marketer adalah mendatangkan traffik (pengunjung website). Traffik sendiri menurutnya terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu :

  1. Traffik yang bisa anda kontrol, yaitu berupa iklan
  2. Traffik yang anda dapatkan (earned) berupa konten
  3. Traffik yang anda miliki (owned) berupa list/database

A. Iklan

Ada banyak iklan yang bisa anda gunakan untuk mendatangkan traffik Mulai dari iklan Google, iklan Facebook, Iklan Tik Tok, Instagram, Youtube dan masih banyak lagi media periklanan lainnya di internet. Denny Santoso mengklasifikasikan jenis traffik iklan sebagai traffik yang bisa kita kontrol karena pada dasarnya traffik tersebut tergantung preferensi yang kita pilih. Misalnya, kita apakah kita hanya ingin iklan ditayangkan pada wanita saja atau pria dan wanita, lalu interest (ketertarikan) dari audience yang kita pilih dan banyak hal lainnya. Jadi, keputusan atau kontrol atas traffik itu bergantung kepada anda sepenuhnya. Masalahnya adalah, apakah punya keahlian memasang iklan semacam itu ?.

B. Konten

Denny Santoso mengklasifikasikan jenis traffik ini kepada semua hal yang mengandung aktifitas aktif yang dapat mendatangkan traffik. aktifitas itu adalah seperti membuat konten. Konten yang diupload ke website atau media sosial akan berpotensi menarik traffik dari luar. Jadi, traffik ini secara aktif akan anda dapatkan apabila anda juga aktif dalam membuat konten. Saat ini ada begitu banyak media sosial di luar sana yang bisa anda gunakan sebagai sarana untuk membuat konten. Mulai dari youtube, facebook, instagram, tik tok bahkan spotify. Apapun media-nya, maka bisa anda gunakan untuk mendatangkan traffik. Di sini anda sebetulnya memanfaatkan algoritma yang dimiliki oleh masing-masing media sosial tersebut. Anda pasti sudah tahu, bahwa setiap media sosial memiliki teknologi yang nantinya akan menampilkan konten yang anda buat ke pemirsa (audience) yang sesuai-tentunya berdasarkan algoritma dari masing-masing media sosial tersebut. Oleh karena jenis traffik semacam ini di luar kendali anda, jadi akan sangat mungkin apabila konten yang anda buat, nantinya akan ditampilkan kepada orang-orang yang bisa jadi sebenarnya bukan target market anda. Misalkan konten anda ditampilkan secara random untuk semua usia, jenis kelamin dan hampir semua interest secara merata. Semua itu karena sepenuhnya konten akan dikontrol oleh algoritman dari masing-masing media sosial. Jadi, traffik ini memang anda dapatkan karena anda aktif membuat konten. Jika anda setiap hari aktif membuat konten, maka algoritma akan bekerja untuk mendatangkan traffik berdasarkan konten yang anda buat.

C. List/Database

Ini adalah jenis traffik yang datanya anda miliki sendiri sepenuhnya. List atau database paling umum adalah seperti list email atau nomor whatsapp atau bahkan gabungan dari keduanya. Apabila dan punya sumber trafiik semacam ini, maka ketika anda ingin memasarkan suatu produk (yang tentunya sesuai dengan database yang anda punya), maka anda tinggal melakukan broadcast kepada orang-orang di data tersebut.

Menurut Denny Santoso, strategi yang benar dalam mengelola traffik-traffik di atas yaitu dengan membawa masuk data-data yang telah kita peroleh dari traffik 1 dan 2 ke dalam traffik ketiga (owned traffik).

Kalau anda sendiri, dari ketiga sumber traffik di atas, sumber traffik mana yang anda kuasai ?. Coba anda renungkan baik-baik. Apakah anda punya keahlian dalam membuat dan melakukan settingan iklan ?. Apakah anda pintar dalam membuat konten (konten kreator?), atau, apakah anda punya database/list yang potensial . Jika dari ketiganya tidak ada yang anda kuasai/miliki, coba pikirkan ulang tentang rencana anda menjadi seorang affiliate.

Seorang affiliate bisa dibilang sebagai langkah lanjutan dari ketiga sumber traffik di atas. Sekali lagi, kemampuan mendatangkan traffik, adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang affiliate. Anda tidak bisa melangkah lebih jauh tanpa benar-benar menguasai keterampilan dasar di atas. Pilih salah satu dari ketiga sumber traffik di atas. Biasanya, seseorang akan terkendala di masalah modal. Jika traffik berupa iklan dan list/database termasuk yang memerlukan modal, maka anda bisa ambil yang paling minim atau bahkan bisa dibilang tanpa modal- yaitu dengan membuat konten.

Kalau membuat konten juga masih membuat anda bingung, anda perlu mencari panduan yang tepat, agar nantinya konten anda bukan konten yang asal jadi. Karena setiap keberhasilan ada formulanya, dan begitu juga konten. Ada strategi-strategi tertentu untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Tentunya konten yang nantinya ujung-ujungnya akan dapat menghasilkan uang. Denny Santoso sendiri sudah membuat buku panduan yang dituangkan dalam sebuah buku “Content Creator Black Book” yang tentunya bisa anda jadikan acuan.

Apabila anda ingin melangkah lebih jauh dari content creator, selanjutnya anda bisa memulai untuk beriklan. Perlu diingat. Step ini memerlukan modal. Anda tentunya akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk biaya iklan per harinya. Pertimbangkan ini dengan hati-hati. Pastikan kondisi finansial anda tidak benar-benar siap untuk step ini.

Apabila anda sudah mulai beriklan, maka nanti anda akan melihat hasilnya, yaitu berupa traffik yang signifikan tergantung dari tempat anda memasang iklan. Traffik tersebut nanti akan anda masukkan ke dalam sebuah list/database untuk di kemudian hari anda pergunakan sebagai sumber traffik anda sendiri. Sehingga di masa mendatang, anda tidak harus terus menerus bergantung pada iklan untuk mendapatkan traffik. Denny Santoso sendiri mempunya kelas yang namanya List bUilding Mastery, yang akan membahas khusus mengenai cara membangun list/database semacam ini.

Pesan dari Denny Santoso ini bisa anda lihat juga video selengkapnya pada channel youtubenya di bawah ini:

Leave a Comment

Open chat
Halo Kak,

Ada yang bisa dibantu ?