Apa Itu Enabler dan Apa Bedanya Dari Marketplace ?

Dalam ekonomi digital yang semakin berkembang, peran berbagai platform online menjadi semakin penting. Namun, seringkali ada kebingungan antara dua konsep utama yang digunakan dalam ekosistem digital: enabler (pemberdaya) dan marketplace (pasar daring). Artikel ini akan membantu Anda memahami perbedaan antara keduanya dan mengapa peran mereka dalam mendukung pertumbuhan bisnis di era digital sangat berbeda.

1. Marketplace Biasa:

  • Sebuah marketplace adalah platform digital di mana penjual dapat memasarkan dan menjual produk atau jasa mereka kepada pembeli. Contoh marketplace yang umum dikenal adalah Amazon, eBay, dan Tokopedia di Indonesia.
  • Marketplace biasanya menyediakan ruang untuk penjual dan pembeli berinteraksi, namun peran utama mereka adalah menyediakan tempat untuk bertransaksi.
  • Penjual yang ingin bergabung dengan marketplace biasa biasanya harus mendaftar, mengunggah produk mereka, mengelola inventaris, dan menangani proses pengiriman dan penagihan sendiri.

2. Enabler (Pemberdaya):

  • Sebuah enabler adalah platform atau entitas yang tidak hanya menyediakan tempat bagi penjual untuk bertransaksi, tetapi juga memberikan alat, dukungan, dan solusi untuk meningkatkan keberhasilan penjual.
  • Dalam konteks ekonomi digital, enabler seperti Bukalapak bukan hanya tempat untuk menjual produk, tetapi juga memberikan pelatihan, layanan keuangan, analisis data, dukungan pelanggan, dan alat lain yang membantu penjual dalam mengembangkan bisnis mereka, seperti menawarkan beragam solusi, mulai dari produksi konten, optimalisasi websiteperformance marketing, hingga customer care dan pengiriman produk ke tangan konsumen.
  • Enabler berperan aktif dalam meningkatkan keterampilan dan kapabilitas penjual, membantu mereka mengatasi hambatan seperti akses modal, dan memberikan alat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Sebagai contoh, Bukalapak tidak hanya menyediakan platform untuk berjualan, tetapi juga menawarkan layanan seperti pinjaman usaha, pelatihan pemasaran digital, dan alat analisis data yang membantu penjual dalam mengoptimalkan usaha mereka.

Jadi, perbedaan utama antara marketplace biasa dan enabler adalah bahwa enabler bukan hanya tempat untuk bertransaksi, tetapi juga berperan dalam memberdayakan penjual dengan alat, pelatihan, dan dukungan yang dibutuhkan untuk meraih keberhasilan dalam ekonomi digital. Ini membantu UMKM tumbuh dan bersaing di era digital dengan lebih baik daripada hanya bergantung pada platform marketplace biasa.

Leave a Comment

Open chat
Halo Kak,

Ada yang bisa dibantu ?